Siapa sih yang tidak tahu Mango Sticky Rice? Dessert asal negeri Thailand ini sudah mulai menjamur di negara-negara lain, termasuk di Indonesia. Banyak penjual Mango Sticky Rice bertebaran baik yang menjajakan di dunia maya maupun membuka gerainya. Mango Sticky Rice ini sebenarnya sederhana saja :  ketan dan mangga yang dilengkapi saus dari santan yang gurih dan ditaburi biji wijen.

Liburan ke Bangkok yang lalu, saya penasaran untuk menemukan penjual Mango Sticky Rice yang legendaris. Memang penjual Mango Sticky Rice di Bangkok mudah sekali kita temui, tetapi tentu saja belum tentu semuanya enak. Daripada kita membuang-buang harta tanpa jaminan rasa, lebih baik kita betul-betul mencari tahu penjual Mango Sticky Rice yang legendaris supaya hati dan perut kita puas.

Saya cukup beruntung karena liburan yang lalu saya menginap di Pas Cher Hotel De Bangkok yang berada di area Silom dan Sathorm. Tak jauh dari hotel saya banyak sekali kuliner legendaris favorit penduduk lokal, termasuk Boonsap Thai Dessert. Boonsap Thai Dessert ini menjual berbagai kudapan pencuci mulut khas Thailand.

 

Boonsap Thai Dessert

1478, Thanon Charoen Krung, Bang Rak, Bangkok.
Opens from 7am until 5pm.
www.boonsap.com

Boonsap Thai Dessert

Boonsap Thai Dessert, kedainya tertulis seperti itu pokoknya. Gak ada tulisan latinnya…

Lokasinya tidak jauh dari BTS Station Saphan Taksin, sederetan dengan Robinson. Jika masih kesulitan mencari kedai ini, kalian bisa bertanya kepada warga lokal dengan menunjukkan gambar Kedai Bonsaap hasil googling  dan berkomunikasi dengan bahasa tarzan. Niscaya kamu akan sampai ke tujuan.

Oh ya, Gerai ini tidak hanya menjual Mango Sticky Rice. Boonsap juga menjual jajanan tradisional khas Thailand lainnya. Oh ya, kalian bisa lihat menu-menunya di websitenya www.boonsap.com , meskipun website mereka menggunakan Bahasa Thailand saja. Tapi setidaknya bisa jadi refrensi jika kalian ingin mencoba suatu menu, tinggal tunjukkan gambarnya kepada penjual dan berkomunikasilah dengan bahasa inggris campur tarzan.

Menu Boonsap yang bisa kalian cek www.boonsap.com

Menu Boonsap yang bisa kalian cek www.boonsap.com

 

another-desert-from-boonsap

Another Thai Dessert from Boonsapn Thai Dessert

another-dessert-from-boonsap-2

Another Thai Dessert from Boonsap Thai Dessert

another-dessert-from-boonsap-3

Another Thai Dessert from Boonsap Thai Dessert

 

Saya pun memesan beberapa porsi Mango Sticky Rice untuk take away. Harga per porsinya 1.000 THB atau setara Rp 40.000. Mahal?Jika dibandingkan gerai-gerai lain Mango Sticky Rice lain yang bertebaran di Bangkok, harga Mango Sticky Rice disini terbilang lebih mahal.

Mereka menyiapkan pesanan saya. Oh ya, saus santan didepan ini menggoda banget ya?

Mereka menyiapkan pesanan saya. Oh ya, saus santan didepan ini menggoda banget ya?

Ada yang unik saat saya melihat mereka menyiapkan pesanan saya : mereka menimbang ketan untuk setiap porsi Mango Sticky Rice. Benar-benar ditimbang dengan detail. Hmmh, menarik. Karena jika di Indonesia saat kita membeli ketan ya tinggal disendok-sendok aja. Penjual hanya mengukurnya dengan perasaan.

Mango STicky Rice by Boonsap Thai Dessert

Mango Sticky Rice by Boonsap Thai Dessert

Setelah saya sampai hotel dan memangsa Mango Sticky Rice itu, saya baru tahu mengapa Boonsap menimbang ketannya. Ketan dari Boonsap Thai dessert ini merupakan ketan terpulen, terlembut dan tergurih yang pernah saya makan. Jadi 1.000 THB itu memang sepadan dengan kualitas yang kita makan. Untuk sausnya terasa banget gurih dan wanginya. Dan mangganya tingkat kematangannya pas. Nyum nyum nyum…

Pokoknya, kalau ke Bangkok, jangan lupa mlipir ke daerah Bang Rak untuk mencicip legendarisnya Mango Sticky Rice dari Boonsap Thai Desserts.

 

Rahayu,

 

Dilbar Sarasvati

kirakirademikian.com

(Visited 3,138 times, 8 visits today)

Written by Dilbar Sarasvati

Siapa saya dan saya siapa? Mari kita cari tahu kesejatian diri kita bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *