asuransi-perjalanan-bersama-aig

Jujur saja, setiap berpergian saya jarang memiliki Travel Insurance. Ada beberapa alasan yang mendasari saya sering mengabaikan travel insurance :

  1. Saya jarang sekali berpergian terlalu jauh, paling cuma negara-negara ASEAN.
  2. Biaya hidup negara yang saya kunjungi tidak terlalu mahal, yang artinya berbanding lurus dengan biaya kesehatannya.
  3. Saya jarang sekali sakit dan tidak pernah sekalipun dalam 23 tahun hidup saya singgah di rumah sakit untuk menjalani rawat inap.

Well, karena alasan-alasan itu saya merasa travel insurance tidak meet the price dengan kondisi saya. Lebih baik uangnya saya pakai untuk wisata kuliner atau bayar patungan hotel bintang 3 di Filiphina, Kamboja atau Negara-Negara sekitarnya. Tetapi alasan-alasan saya itu menjadi tidak relevan lagi secara seketika dan sekaligus ketika saya mengunjungi Kamboja pada bulan Agusutus lalu. Pesawat yang saya tumpangi kala itu cukup tua dan bergetar seperti odong-odong, lumayan bikin hati dag-dig-dug kalang kabut. Lalu ketika saya sedang berkeliling Angkor Wat menggunakan minivan ber-AC, saya melihat seorang wisatawan asal Korea Selatan jatuh dari tuk-tuk dan kepalanya bocor. Alamak. Lengkap sudah, saya pun berbulat tekad bersatu padu untuk membeli travel insurance untuk pengembaraan saya berikutnya. Terlebih tiba-tiba saja saya membeli tiket ke Jepang dan Hongkong dimana kedua negara itu di luar ASEAN dan biaya hidupnya tinggi (tentu saja biaya kesehatannya juga tinggi).

 

PENTINGNYA TRAVEL INSURANCE

Travel Insurance merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas resiko yang terjadi selama perjalanan anda atau rwentang waktu tertentu terkait dengan perjalanan anda. Resiko yang di-cover oleh Travel Insurance tidak hanya soal kesehatan saja, banyak resiko-resiko lain yang juga di-cover oleh asuransi perjalanan, antara lain :

  • Kecelakaan Diri
  • Bagasi dan Barang Milik Pribadi
  • Gangguan dan Pembatalan Penerbangan
  • Penggantian Biaya Pengobatan akibat Kecelakaan
  • Biaya Evakuasi Medis dan Pemulangan Jenazah
  • Keterlambatan Penerbangan
  • Layanan 24 jam untuk bantuan medis darurat
  • Penghentian Perjalanan

Untuk lebih detailnya, berikut rincian manfaat yang ditawarkan dari salah satu produk asuransi perjalanan : AXA Smart Traveller :

Tabel Manfaat AXA Smart Traveller by AXA General Insurance Indonesia
tabel-manfaat-axa-2

Rincian Manfaat salah satu asuransi perjalanan : AXA Smart Traveller

Dengan segala resiko yang melekat pada kita, sebuah perjalanan yang kita rencanakan sebagai surga bisa seketika berubah jadi neraka. Bayangkan saja  passport kita hilang saat sedang asik-asiknya menikmati sakura di Ciang Mai, liburan kita dijamin jadi gak asik lagi. Kenapa? Yah, mau tidak mau kita harus mengeluarkan tenaga, biaya dan pikiran yang lebih untuk mengurus passport kita yang hilang itu.

Memang, saat memiliki Travel Insurance resiko yang melekat pada diri kita tidak akan berkurang atau hilang seketika dan sekaligus dengan ajaibnya. Resiko kecelakaan diri, bagasi yang terlambat/ hilang, barang milik pribadi yang hilang, gangguan/ pembatalan penerbangan dan resiko-resiko perjalanan lain tetap abadi melekat pada diri kita. Yang berbeda saat kita memiliki Travel Insurance, efek dari keterjadian resiko-resiko tadi dapat dicegah atau dihilangkan atau dikurangi. Dalam kasus hilangnya passport misalnya, dengan Travel Insurance, kita bisa menekan efek biaya yang menimpa kita.

Jadi Travel Insurance bukan bertujuan untuk menghilangkan resiko-resiko atas perjalanan anda, tetapi ia meminimalisir efek dari kemungkinan keterjadian resiko yang menimpa anda.

 

 

MEMILIH TRAVEL INSURANCE YANG TEPAT

Travel Insurance dengan premi yang mahal belum tentu tepat buat kita dan Travel Insurance yang tepat untuk kita belum tentu preminya mahal. Ada hal-hal lain yang menjadi pertimbangan saat kamu memilih Travel Insurance :

 

1. Resiko apa yang anda ingin lindungi?

Jika anda sudah memiliki asuransi kesehatan yang meng-cover resiko kesehatan di Negara tujuan anda, anda tidak perlu membeli Travel Insurance yang meliputi aspek kesehatan. Anda bisa memilih Travel Insurance yang mencangkup perlindungan atas kenyamanan perjalanan dan kecelakaan diri saja. Sehingga, dana anda dapat teralokasikan untuk melindungi resiko-resiko yang sebelumnya tidak terlindungi.

Tidak semua Travel Insurance meng-cover aktivitas olahraga ekstrem (sumber gambar : www.planetsurfonline.com)

Tidak semua Travel Insurance meng-cover aktivitas olahraga ekstrem (sumber gambar : www.planetsurfonline.com)

Jika anda akan melakukan olahraga ekstrim dalam perjalanan anda, pastikan anda memiliki asuransi perjalanan yang meng-cover resiko kegiatan anda tersebut. Karena tidak semua asuransi perjalanan meng-cover hal itu, jika perlu anda membeli asuransi tambahan terkait kegiatan anda tersebut.

Pengecualian Umum atas Kegoatan Olahraga dalam Policy Wording AXA Mandiri Travel Insurance

Pengecualian Umum atas Kegoatan Olahraga dalam Policy Wording AXA Mandiri Travel Insurance

Beberapa produk asuransi perjalanan ada juga yang menawarkan perlindungan lebih untuk resiko-resiko tertentu yang mungkin juga anda butuhkan : Asuransi Isi Rumah, Resiko Sendiri Sewa Kendaraan dan Asuransi Resiko Golf.

Manfaat lebih dari produk AXA Smart Traveller Worldwide Platinum

Manfaat lebih dari produk AXA Smart Traveller Worldwide Platinum yang jarang ada di produk asuransi perjalanan lainnya

Jika anda berpergian dengan pasangan atau keluarga, tentunya anda ingin juga mereka terlindung dari resiko-resiko saat perjalanaan. Namun, anda tidak perlu membelikan asuransi individual untuk masing-masing anggota keluarga anda. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan untuk duo (dua orang) dan family dengan preminya yang secara total lebih murah daripada jika anda membelikan asuransi individual untuk masing-masing anggota keluarga anda.

 

2. Berapa lama dan seberapa sering anda pergi?

Secara umum perusahaan asuransi menawarkan asuransi perjalanan untuk single trip dan annual trip.

Travel Insurance yang single trip cocok untuk kamu yang hanya berpergian satu atau dua kali dalam setahun dan masing-masing perjalanan tidak terlalu lama. Dalam asuransi single trip, preminya disesuaikan dengan negara tujuan kita dan lamanya kita melakukan perjalanan. Jika kita berpergian ke Negara-Negara Asia terutama Asia Tenggara preminya jauh lebih murah dibanding premi untuk asuransi perjalanan ke negara-negara SCHENGEN. Semakin lama kita melakukan perjalanan, semakin besar pula preminya.

Pastikan rencana perjalanan anda setahun kedepan sebelum membeli Travel insurance (sumber gambar : http://www.lrcmhc.org/)

Pastikan rencana perjalanan anda setahun kedepan sebelum membeli Travel insurance (sumber gambar : http://www.lrcmhc.org/)

Travel Insurance yang annual trip cocok untuk kamu yang berpergian dalam jangka waktu lama ke sebuah negara atau cocok juga untuk kamu yang  lebih dari 4x melakukan single trip dalam kurun waktu satu tahun baik beruntutan atau tidak beruntutan ke satu atau beberapa negara. Jika anda melakukan perjalanan lebih dari 4x dalam setahun, biaya premi secara total tidak terlalu berbeda dengan pembelian premi untuk single trip. Padahal manfaat yang ditawarkan bisa sangat berbeda.

tabel-premi-axa-smart-traveller

Tabel Perbandingan Biaya Premi Travel Insurance untuk pertimbangan apakah anda akan membeli single trip travel insurance atau annual trip travel isnurance.

Jadi cek kembali rencanan perjalananmu setahun kedepan untuk memutuskan jenis travel insurance apa yang anda pilih.

 

3. Kemanakah tujuan perjalanan anda?

Baik dalam membeli asuransi perjalanan single trip maupun annual trip, wilayah tujuan perjalanan anda akan mempengaruhi biaya premi yang anda bayarkan. Biasanya perusahaan asuransi membedakan cakupan wilayah menjadi : Domestic dan Worldwide. Worldwide sendiri biasanya masih ditawarkan lagi dalam cakupan wilayah dengan  biaya premi yang berbeda-beda :  ASEAN, Special Asia (untuk Negara-Negara tertentu di Asia), Worldwide Exclude Schengen, Worldwide Include Schengen ( atau ada yang mengelompokkannya dengan sebutan Worldwide saja). Tentu saja, semakin luas cakupan wilayahnya, semakin mahal biaya premi yang akan anda tanggung.

Pastikan negara tujuan perjalanan anda ter-cover oleh Travel Insurance yang anda pilih (sumber gambar : id.aliexpress.com)

Pastikan negara tujuan perjalanan anda ter-cover oleh Travel Insurance yang anda pilih (sumber gambar : id.aliexpress.com)

Jika anda membeli Travel Insurance yang single trip, pastikan anda memilih asuransi dengan cakupan wilayah yang meng-cover Negara tujuan anda. Jika anda membeli Travel Insurance yang annual trip, pertimbangkan negara-negara mana saja yang ada dalam rencana perjalanan anda dalam kurun waktu satu tahun mendatang. Pemilihan cakupan wilayah asuransi yang tepat, membuat biaya asuransi perjalanan anda lebih efisien.

 

Rahayu,

kirakirademikian.com

Dilbar Sarasvati

 

 

 

(Visited 594 times, 1 visits today)

Written by Dilbar Sarasvati

Siapa saya dan saya siapa? Mari kita cari tahu kesejatian diri kita bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *