Sebagai kota pelabuhan di Semenanjung Malaya, Melaka menyimpan kekayaan di bidang kuliner. Keindahan masakan melayu, china, india dan arab dapat kalian temukan di kota ini. Melaka ini sebenernya tidak luas-luas amat, kalian bisa menyusuri kota ini dengan jalan kaki santai. Waktu yang direkomendasikan buat jalan di Melaka adalah pagi hari sekitar pukul 07.o0 AM (setara dengan 06.00 WIB) karena jalanan masih relatif sepi dan kalian bisa berjalan dan mengambil foto dengan tenang tanpa terusik akan keramaian wisatawan lainnya. Dan meski sudah jam 09.00 AM (setara dengan pukul 08.00 WIB), Melaka bisa dibilang masih sepi banget dan masih sedikit restoran yang buka. Tetapi karena sudah jalan kaki sedari pagi, perutpun sudah meronta minta makan, dong ya! Apalagi sebagai makhluk Jakarta yang sudah terbiasa setiap hari pukul 07.30 WIB sudah bersih dan kenyang di depan komputer kantor, maka saat itu kondisi saya adalah lapar pakai banget. Perut saya belum bisa mentolerir perbedaan waktu.  Saya dan kawan-kawan pun menyusuri jalan di area Jonker untuk mencari dan memilah restoran yang buka.  Nah, ini dia hasil penelusuran kami yang kelaparan pagi itu yang bisa dijadikan rekomendasi untuk sarapan di Melaka.

 

Kedai Kopi Chung Wah

18, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia.

Open 8:30AM–3PM

Non Halal

Kedai Kopi Chung Wah Open 08.30 AM - 3 PM

Kedai Kopi Chung Wah Open 08.30 AM – 3 PM

Kedai Kopi Chung Wah terletak persis di depan H&M dan bersebelahan dengan Hard Rock Café Melacca, mudah sekali ditemukan. Oh, ya makanan disini Non Halal ya, meskipun kalian cuma makan Hainanese Chicken dan Rice Ball penjual sudah memperingatkan ketidakhalalannya. Kedai Kopi Chung Wah ini merupakan kedai kopi legendaris yang terkenal akan kelezatan Hainanese Chicken dan Rice Ball-nya dan tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan kabarnya sampai harus mengantri. Saya cukup beruntung karena datang pagi-pagi kedai ini belum terlalu ramai. Penjual di kedai ini semuanya ramah sekali dan antigalak. There is no menu card, jadi saya memesan menu Hainanese Chicken dan Rice Ball dan segelas es Kopi.

Suasana di Dalam Kedai Kopi Chung Wah

Suasana di Dalam Kedai Kopi Chung Wah

 

Suasana di dalam Kedai Kopi Chung Wah, Belum Ramai karena belum jam laparnya warga lokal...

Suasana di dalam Kedai Kopi Chung Wah, Belum Ramai karena belum jam laparnya warga lokal…

Tak berapa lama, pesanan saya pun datang. Penyajiannya memang sangat sederhana, tapi jangan remehkan rasanya, ya…

Hainanese Chicken and Rice Ball ditemani dengan segelas Es Kopi, nyummy...

Hainanese Chicken and Rice Ball ditemani dengan segelas Es Kopi, nyummy…

 

Terus gimana dengan harganya? Yang jelas saya hanya menghabiskan 9.8 RM untuk makanan dan minuman di sini. Untuk sebuah kedai yang legendaris, kalian jangan lupa mencobanya, ya…

 

Sayyid Antique & Cafe

74, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia.

Open 7:40AM–3.30PM

Halal

Sayyid Antique Cafe

Sayyid Antique Cafe

 

Artistiknya Sayyid Antique Cafe

Artistiknya Sayyid Antique Cafe

Untuk kamu yang pingin sarapan sesuai dengan jam makan kebiasaan kamu di Indonesia dan halal, ada restoran yang enak dan terjangkau nih. Letak restoran ini tak jauh dari Kedai Kopi Cung Wah, tinggal belok kanan saja lurus terus dan restoran ini ada di kanan jalan. Restoran ini menyajikan masakan melayu, berikut menu card-nya.

sayyid-antique-cafe-menu-card

Sayyid Antique & Café Menu Card

Waktu itu kami mencoba memesan Laksa Nyonya dan beberapa jenis minuman yang beda-beda. Sambil menunggu makanan dan minuman datang, asik juga mengamati interior di sini. Karena barangnya memang antik-antik dan akhirnya teman saya tergoda juga buat selfie.

Salah satu kawan yang tergoda selfie

Salah satu kawan yang tergoda selfie

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya pesanan kami datang juga. Penyajiannya lumayan bagus dan rasanya juga enak. Untuk kami yang kelaparan di jam seperti ini dan sulit mencari restoran halal, ini adalah recommended.

Laksa Nyonya and Ice Coffe come to my tummy

Laksa Nyonya and Ice Coffe come to my tummy

Setelah kenyang, kami pun membayar kepada sang penjual. Total untuk 3 makanan dan 4 porsi minuman RM 21.7, murah kan? Tentu saja lebih murah daripada kena scam saat makan di tepi monas.

Our Bill, murah kan?

Our Bill, murah kan?

Kalau ke Melaka jangan lupa mampir sarapan di sini, ya…

 

Restoran Selvam

3, Jalan Temenggong, 75100 Melaka, Malaysia
OPEN 07.00 AM – 10.00 PM

Penampakan Restoran Selvam

Penampakan Restoran Selvam

Mau mencoba makanan India buat sarapan? Mengapa tidak mencoba makan masakan india diatas selembar daun pisang di Restoran Selvam? Restoran ini buka dari pagi pukul 7.00 sampai malam hari pukul 22.oo. Cocok banget buat refrensi breakfast anti mainstream buat kamu yang punya perut dengan standar lapar Waktu Indonesia Barat (WIB).

Meal Set / Thali and Lamb, nyummy...

Meal Set / Thali and Lamb, nyummy…

Serunya kisah kami makan di Restoran Selvam bisa dibaca di sini.

 

Itulah refrensi tempat sarapan yang pas buat kamu yang perutnya tidak bisa mentolerir perbedaan waktu akan kelaparan. Jika saya berkunjung lagi ke Melaka dan menemukan refrensi lainnya, saya akan update segera di blog ini.

 

 

Salam,

 

Dilbar Sarasvati

kirakirademikian.com

(Visited 3,775 times, 3 visits today)

Written by Dilbar Sarasvati

Siapa saya dan saya siapa? Mari kita cari tahu kesejatian diri kita bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *