Jalan ke Malaysia tidak lengkap rasanya kalau kita tidak sekalian memuaskan dahaga akan masakan India. Kenapa? Masakan  India di negeri jiran mudah sekali ditemui dan kebanyakan halal. Selain itu, harganya lebih murah dan rasanya jauh lebih enak daripada yang ada di Jakarta. Di Melaka, terdapat beberapa restoran masakan India yang legendaris dan selalu laris manis. Ada restoran India yang cukup populer dan menarik perhatian kami : Restoran Selvam. Restoran Selvam ini menyajikan makanannya di atas selembar daun pisang. Makan masakan India diatas piring itu sudah biasa, tetapi makan masakan india di atas daun pisang layak buat dicoba!

Setelah tidur siang di hotel karena teriknya Melaka yang luar biasa (kalian tidak salah baca, kami masih sempat tidur siang dengan tenang), saya dan teman-teman memutuskan untuk mencari Restoran Selvam dengan berjalan kaki. Kami menelusuri jalan yang ditunjukkan oleh Google Maps yang Maha Tau Segala Ruang Dunia dengan santai. Bahkan saking santainya kami sempat terpencar dan salah satu kawan  sempat-sempatnya iseng mengejar burung gagak yang juga sedang sama santainya nongkrong di jalanan kota Melaka.

Seorang kawan dan gerombolan burung gagak...

Seorang kawan dan gerombolan burung gagak…

Dan akhirnya, kami berhasil menemukan Restoran Selvam…

 

RESTORAN SELVAM

3, Jalan Temenggong, 75100 Melaka, Malaysia
OPEN 07.00 AM – 10.00 PM

Penampakan Restoran Selvam

Penampakan Restoran Selvam

Restoram Selvam ini buka sedari pagi jam 7.00 AM hingga pukul 1o.00 PM. Restoran Selvam merupakan salah satu restoran India terbaik di Melaka sejak tahun 2007. Restoran ini menyajikan menu makanan khas Tamil-Nadu (India Selatan) dengan harga yang terjangkau dan porsinya yang jumbo. Restoran Selvam sendiri merupakan bisnis keluarga yang sudah dijalankan oleh kekek pemilik saat ini sejak tahun 1983. Sebuah perjalanan yang panjang untuk sebuah restoran yang tetap bertahan di hati penduduk lokal.

Restoran Selvam ini mempunyai dapur yang terbuka dan bersih sekali. Pelayanannya juga sangat cepat dan ramah, meskipun tidak semua stafnya bisa menjawab pertanyaan kami dengan Bahasa Inggris dan Melayu yang baik. Tetapi setidaknya. kemauan mereka dan keramahan mereka saat meladeni pertanyaan kami patut di apresiasi.

Highlight Menu di Restoran Selvam adalah Banana Leaf Set, yaitu set nasi yang disajikan di atas daun pisang. Nah, ternyata banana leaf set ini ada hari dan jam penyajian khususnya. Jadi, tidak semua menu tersedia setiap waktu.

Menu Banana Leaf Set, ternyata tidak semuanya disajikan setiap waktu...

Menu Banana Leaf Set, ternyata tidak semuanya disajikan setiap waktu…

Karena kami mengunjungi Restoran Selvam pada hari Jumat sekitar pukul 04.00 PM, menu yang tersedia saat itu hanyalah Set Meal / Thali, yaitu nasi yang disajikan diatas selembar daun pisang dengan 3 macam sayuran. Harganya cukup murah, yakni RM 5. Untuk lauknya, kita bisa memilih dengan tambahan biaya yang berbeda-beda. Saya pun memilih lauk tambahan Lamb dengan tambahan biaya RM 6. Dan ternyata lauk tambahannya banyak dan memuaskan.

Meal Set / Thali and Lamb, nyummy...

Meal Set / Thali and Lamb, nyummy…

Karena kami berempat, kami pun memutuskan untuk memesan menu yang berbeda-beda untuk bisa saling mencoba. Karena menu disini ukurannya jumbo-jumbo dan sedikit mustahil bin mustahal kalau dihabiskan sendiri. Kami pun memilih-milih menu lainnya.

Ayo kita cari menu lainnya untuk dicoba...

Ayo kita cari menu lainnya untuk dicoba…

 

restoran-selvam-menu-card-1

Menu Lainnya di Restoran Selvam

 

Menu Lainnya di Restoran Selvam

Menu Lainnya di Restoran Selvam

Lalu kita akhirnya memutuskan untuk memesan Fried Noodle (mie goreng), Roti Naan dan Murtabak. Kita berempat sengaja memilih menu yang berbeda-beda supaya bisa mencicipi rasanya berbagai menu masakan india. Dan ini dia pesanan kami…

 

Fried Noodle A la Restoran Selvam

Fried Noodle A la Restoran Selvam

 

Murtabak A La Restoran Selvam

Murtabak A La Restoran Selvam

 

roti-naan-restoran-selvam

Roti Naan A La Restoran Selvam

Overall semuanya enak-enak. Tetapi roti naan agaknya bukan selera saya. Memang kuahnya enak, tetapi rasa rotinya manis jadi agak aneh jika dipadukan asin. Bagi saya orang ndeso dari Tanah jawadwipa, enggak masuk selera saya.

Udah makan banyak dan coba sana-sini. Seret dong kalau enggak minum?  Nah, kita iseng nih mencoba menu minuman yang belum pernah saya temui sebelumnya : Masala Tea. Masala Tea adalah minuman teh tradisional India yang dibuat dari bahan rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan jahe yang kemudian di padukan dengan susu sehingga terciptalah sebuah minuman Masala Tea yang manis dan juga kental. Ini dia pesanan saya Ice Masala Tea…

Masala Tea disajikan dingin juga nikmat...

Masala Tea disajikan dingin juga nikmat…

Pokoknya kalau ke Melaka wajib mencoba sensasi makan masakan india beralaskan daun pisang di Restoran Selvam. Apalagi kalau bareng-bareng travelmate, seru dan asyik. Guyub banget! Oh ya, kami berempat makan dan minum cuma habis sekitar RM 25, lho. Murah kan? Bayangin deh makan masakan India di Jakarta, udah berapa tuh?

Salam,

 

Dilbar Sarasvati

kirakirademikian.com

(Visited 526 times, 2 visits today)

Written by Dilbar Sarasvati

Siapa saya dan saya siapa? Mari kita cari tahu kesejatian diri kita bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *